Navigation Menu

Hydrant Valve

Hydrant Valve

Sudahkah Anda mengenal fire hydrant?
Fire hydrant adalah tempat air yang bersifat darurat yang digunakan pada saat terjadi kebakaran.  Alat ini sering kita jumpai di pinggir jalan raya, tempat ramai, fasilitas publik, dan lain sebagainya.


Fire hydrant sendiri mempunyai banyak perangkat peralatan untuk mempermudah proses penggunaan alat saat memadamkan api. Diantaranya :

Fire Hydrant box (adalah kotak perangkat fire hydrant untuk menyimpan dan melindungi fire hydrant)
Box apar (adalah kotak perangkat fire hydrant untuk menyimpan dan melindungi tabung APAR)
Fire Hydrant pillar (adalah perangkat fire hydrant yang mengeluarkan air pada instalasi fire hydrant dan biasa ditempatkan diluar gedung)
Fire Hydrant valve (adalah perangkat fire hydrant yang biasa disebut dengan katub yang berfungsi sebagai mengatur aliran fluida)
Fire Nozzle (adalah perangkat fire hydrant yang berada pada ujung selang atau fire hose)
Fire Hose (adalah perangkat fire hydrant yang biasa disebut dengan selang pemadam)
Fire Hose Reel (adalah perangkat fire hydrant yang biasa disebut dengan selang pemadam, namum diameternya lebih kecil dan biasanya diletakkan dengan cara digantung dekat hydrant box)
Fire Hose Rack (adalah perangkat fire hydrant yang digunakan untuk menggantungkan fire hose atau selang pemadam)
Siemese connection (adalah perangkat fire hydrant yang digunakan untuk menyuplai air dari mobil pemadam kebakaran ke sistem instalasi)

  • Hydrant Valve

Sebagian orang sering menyebut fire hydrant valve adalah katub. Fire hydrant valve atau katub berfungsi sebagai pengatur aliran fluida dengan menutup, membuka, maupun menghambat jalannya aliran air. Hydrant valve sendiri mempunyai beberapa tipe dan bentuk yang berbeda, sesuai fungsi dan kapasitasnya.



1. GATE VALVE

Gate valve adalah jenis valve yang ditempatkan pada sistem instalasi pemipaan, yang berfungsi sebagai pemblokir aliran air melalui badan valve yang berbentuk pipa dengan sebuah lempengan, yang bisa naik turun saat handle valve diputar. Gate valve ini biasanya menggunakan coupling machino. Jika valve setengah terbuka, maka akan terjadi pengikisan pada badan valve, dan turbulensi aliran menyebabkan getaran pada valve, sehingga menghasilkan suara gemeretak. Valve ini yang paling sering dipakai dalam perpipaan, karena mempunyai kelebihan minimnya halangan saat valve ini dibuka penuh, sehingga aliran bisa maksimal.





Cara kerja gate valve ini sangat sederhana,
- Dengan menggunakan dua konektor berulir yang terhubung ke sistem pipa
- Bagian bonnet bergerak naik ke atas konektor dengan gerakan naik turun
- Handwheel menaik dan menurunkan stem menempati ruang bonnet
- Ketika handwheel diputar, maka stem bergerak ke dalam valve lalu masuk ke dalam ruang air
- Valve menunjukkan posisi stem pada bagian luarnya
- Cast in valve body yang sedikit lebih besar dari pipa yang terhubung memungkinkan stem benar-benar menutupi ruang aliran.

2. GLOBE VALVE 

Globe valve adalah jenis valve yang memiliki arah gerak linier. Yang berfungsi sebagai pengatur aliran air melalui badan valve, dengan memutar handle valve. Dudukan valve yang sejajar dengan aliran, membuat globe valve lebih efisien ketika mengatur aliran dengan minimum erosi piringan dan dudukan. Globe valve tidak direkomendasikan diinstal pada sistem yang menghindari penurunan tekanan dan sistem yang menghindari tekanan pada aliran.


Pada umumnya, tekanan differensial maksimum pada disk tidak boleh melebihi 20% dari tekanan maksimum sekitar 200psi (1380) kPa. Untuk jenis globe valve dengan list khusus mampu bekerja melebihi besar tekanan tersebut.

Globe valve sendiri mempunyai beberapa desain sesuai fungsi dan kapasitasnya :

Globe Valve Desain Tee Pattern
 

Merupakan jenis yang umum biasa ditemukan dengan pola berbentuk huruf Z. Dan memiliki nilai koefisien aliran terendah. Desain ini juga dapat digunakan dalam aplikasi dimana penurunan tekanan bukanlah sebuah hal yang penting dalam rancangan sistem instalasi.

- Globe Valve Desain Angel Pattern


Globe valve desain angel pattern adalah hasil modifikasi dari jenis tee pattern. Ujung valve berada pada sudut 90° dan aliran mengalir dalam sudut 90°. Biasanya digunakan pada pemakaian untuk menangani efek slugging dari jenis aliran.

- Globe Valve Desain WYE Pattern

Globe valve desain WYE Pattern merupakan alternatif untuk penurunan tekanan yang tinggi, yang terjadi pada globe valve. Seat dan stem yang miring 40° memungkinkan memberikan aliran tegak pada posisi terbuka penuh dan tahanan aliran yang sedikit.

Globe valve juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pengoperasiannya :

- Kelebihan : Menutup yang baik, throttling yang cukup baik, stroke yang lebih pendek, tersedia diberbaga type sehingga memudahkan dalam pengaplikasian kebutuhan, mudah dan cepat dalam pemasangan, dengan disk yang tidak melekat pada batang sehingga valve dapat digunakan sebagai stop check valve.

- Kekurangan : Penurunan tekanan yang lebih tinggi, membutuhkan tenaga yang lebih besar, throttling aliran dibawah seat dan shutoff diatas seat.

3. BALL VALVE

Ball valve adalah jenis valve yang berbentuk disc bulat dan berlubang dibagian tengahnya, Ketika lubang dibagian tengahnya segaris lurus dengan kedua ujung valve, sehingga akan terjadi aliran air. Namun ketika katup tertutup, posisi lubang berada pada tegak lurus terhadap ujung katub.



Pengoperasian pada fluida bertemperatur -450°F sampai -500°F. Termasuk dalam type quick opening valve yang hanya memerlukan 1/4 putaran dari posisi tertutup penuh ke terbuka penuh. Ball valve dapat menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan dengan menggunakan temperatur sekitar 200° Celcius. Ball valve umumnya digunakan pada industri, dikarenakan dapat menahan tekanan sampai dengan 1000 bar dan suhu hingga 482° F (250° C). Dari ukuran biasanya berkisar 0,2 - 11,81 inchi (0,5 cm sampai dengan 30 cm). Valve jenis ini biasanya terbuat dari logam, plastik atau bahan keramik. Dan pada bagian bolanya sering dilapisi chrome agar lebih tahan lama. 
Ball valve sendiri juga mempunyai 2 tipe, yaitu :

- Full Bore Ball Valve

Tipe ball valve ini mempunyai diamater bola sama dengan diameter pipa. Dan untuk ball valve jenis ini biasanya digunakan pada blow down, piggable line, production manifold, pipeline, dan lain-lain.


- Reduced Bore Ball Valve

Tipe valve ini mempunyai diameter lubang bolanya tidak seukuran dengan ukuran pipa. Satu ukuran lebih rendah dari ukuran diameter pipa sebenarnya, minimum terjadi pengurangan pada diamater bolanya. Misalnya ukuran diameter pipanya adalah 5 inchi, maka diameter bola valve adalah 4 inchi.


4. BUTTERFLY VALVE

Butterfly valve adalah jenis valve yang digunakan untuk aliran yang bertekanan rendah. Dengan desain yang sederhana, dapat mengontrol aliran untuk membuka dan menutup penuh hanya dengan 1/4 putaran. Mudah dioperasikan karena 90° yang digerakan oleh handwheel dapat menggerakkan disk dari tertutup hingga terbuka penuh.


Butterfly valve umumnya lebih banyak disukai karena harganya yang relatif murah, desainnya lebih ringan, dan biaya pemeliharaannya lebih rendah dibanding valve jenis lain. Valve ini sangat cocok untuk penanganan arus besar pada tekanan yang relatif rendah.  

5. CHECK VALVE

Check valve adalah jenis valve yang digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir ke satu arah saja. Dan sering dijumpai pada discharge dari centrifugal pump. 


Ketika aliran fluida sesuai dengan arahnya, laju aliran tersebut akan membuat disk terbuka. Jika ada tekanan yang datang dari arah berlawanan, maka disk tersebut akan tertutup. 

Check valve ini juga mempunyai beberapa tipe diantaranya : Swing Check Valve, Lift Check Valve, Back Water Check Valve, Swing Type Wafer Check Valve, Disk Check Valve, Split Disk Check Valve, 

6. SAFETY VALVE


Safety Valve adalah valve yang mekanismenya otomatis melepaskan zat dari boiler ketika tekanan atau temperatur melebihi batas yang telah ditetapkan. Jadi bisa mencegah tekanan yang berlebihan 

7. Pressure Reducing Valve

Pressure Reducing Valve untuk menjaga agar tekanan dalam sistem perpipaan agar selalu konstan.

Jadi bisa diperkirakan sebelum menggunakan valve, sesuai fungsi dan kapasitasnya bisa dipilih hydrant valve sesuai kebutuhan.

Dapatkan harga Fire Hydrant Valve terbaru 2016 terbaik dengan diskon spesial!

Untuk perlindungan investasi, perabot, serta keselamatan bersama segera ambil tindakan tanpa menunda waktu, karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Kami juga menyediakan alat pemadam api ringan untuk antisipasi kebakaran besar secara manual perorangan beserta box APAR-nya, sprinklerhydrant box, hydrant pillar, hydrant valve, fire nozzle, fire hose, fire hose reel, dan masih banyak lagi terkait dengan perangkat pemadam api.

Kami menjual Fire Hydrant Valve di Kalimantan, jual Fire Hydrant Valve di Sulawesi, jual Fire Hydrant Valve di Jawa Timur, jual Fire Hydrant Valve di Bali, jual Fire Hydrant Valve di Nusa Tenggara Timur, jual Fire Hydrant Valve di Nusa Tenggara Barat, jual Fire Hydrant Valve di Irian Jaya, jual Fire Hydrant Valve di Madura, serta seluruh Indonesia dengan kualitas dan harga Fire Hydrant Valve terbaik. Kami juga melayani instalasi dan perawatan Fire Hydrant Valve oleh teknisi yang berpengalaman dengan jam terbang yang tinggi, sehingga aset dan investasi Anda aman dari lalapan api. Perangkat dan jasa yang kami tawarkan sudah dipercaya dibeberapa perusahaan di Jawa, Bali, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan masih banyak lagi.

Kami juga siap bekerja sama untuk proyek Anda, maupun membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi agen kami serta terbuka untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Hubungi,
Hot Line/WA
Abdul Jalil : 0888.9960.888

1 komentar:

  1. berapa harga landing valve 2.5", inlet 2.5" ansi#150FF, outlet 2.5" storz W/caps & chain

    BalasHapus